PEMBAYARAN PBB (PAJAK BUMI & BANGUNAN)

 

NO

PELAYANAN (SERVICEDELIVERY)

1.

Pelayanan

PEMBAYARAN PBB (PAJAK BUMI & BANGUNAN)

2

Persyaratan

Membawa SPPT (Surat Pemberitahuan Pembayaran Terhutang) PBB

3

Prosedur

  1. WP (Wajib Pajak) menyerahkan SPPT PBB kepada Petugas Pajak Kecamatan
  2. Petugas memasukkan Nomor Objek Pajak ke dalam Komputer
  3. WP membayar pajak sesuai jumlah yang tercantum pada SPPT
  4. Petugas mengeluarkan STTS (Surat Tanda Terima Setoran) PBB dan menyerahkan kepada WP

 

4

Waktu Pelayanan & Jam Pelayanan

5 menit (jam 07-30 s/d 14.30)

5

Biaya / Tarif

Sesuai SPPT

6

Produk Pelayanan

STTS PBB

7

Penanganan Pangaduan, Saran & Masukan

Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Kecamatan Purwosari

Jl. Kawedanan No. 01 Purwosari

(0343) 611050

 

 

 

1

Dasar Hukum

  1. Undang – Undang Nomor 13 tahun 1985 tentang Azas Pembayaran Pajak Terhutang PBB
  2. Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 69 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan di Kabupaten Pasuruan

2

Sarana Prasarana & Fasilitas

  1. Komputer 1 unit
  2. Printer 1 unit

3

Kompetensi Pelaksana

Kasi Pemerintahan dan Pelayanan:

Menyelesaikan kewajiban PBB terhutang se-Kecamatan agar dapat mencapai lunas 100 % sebelum jatuh tempo pada tanggal 31 Agustus

4

Jumlah Pelaksana

1 orang petugas pelaksana

5

Pengawasan Internal

Penilaian pegawai dengan sasaran kerja pegawai (SKP)

6

Jaminan Pelayanan

Pelayanan yang diberikan sudah sesuai SOP yang telah ditentukan

7

Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan

Registrasi dokumen yang diterbitkan

8

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi pelayanan melalui rapat staf setiap satu bulan sekali dan evaluasi ke Desa setiap tiga bulan sekali